2000 Santri di Kabupaten Padang Lawas Ikuti Porseni HSN Tahun 2023

PADANG LAWAS, KLIKINFOKOTA.CO.ID – 2000 santri di Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara mengikuti ajang Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Hari Santri Nasional (HSN) yang digelar dari tanggal 16-24 Oktober 2023 di beberapa sekolah dan Hari ini Kamis (19/10) bertempat di Lapangan MTsN I Padang Lawas resmi di buka Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) H.Abdul Manan MA dengan didampingi Ketua DPRD Amran Pikal Soregar S.Sos, Ketua MUI KH.Ismail Nasution Lc, Ketua Badan Silaturrahmi Pondok  Pesantren Padang Lawas (BSPPL) H.Pauzan Hamidy Hasibuan S.Ag, S.Thi, M. M. Si dan Ketua Himpunan Pengusaha  Muda Indonesia (HIPMI) Padang Lawas Putra Mahkota Alam Hasibuan, SE.

Dalam arahannya, Ketua BSPPL Padang Lawas H.Pauzan Hamidy Hasibuan S.Ag, S.Thi, M.Si didampingi Ketua Panitia Misbah Fuadi Hasibuan S.PdI mengatakan, Porseni pondok pesantren adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas untuk mencari santri berprestasi di bidang olahraga dan seni.

Dia mengatakan Porseni Pondok Pesantren 2023 Kabupaten Padang Lawas di sponsori oleh HIPMI Padang Lawas dengan mempertandingkan empat cabang olahraga antara lain Atletik, sepakbola, futsal Jalan santai. Sedangkan bidang seni ada lomba mars subbanul wathon, lomba mars hari santri, lomba da’i, lomba hadroh, lomba baca kitab kuning, lomba kebersihan pesantren, lomba bintang vokalis. Qasidah, Lomba Nasyid dan Padang Lawas bersholawat.

“Alhamdulillah, dari 33 pondok pesantren di Kabupaten Padang Lawas yang mendaftar seluruh pondok pesantren tersebut, dengan jumlah peserta lebih kurang 2000 santri,” katanya.

Kabupaten Padang Lawas memiliki banyak pondok pesantren berkualitas yang tidak hanya memberikan pendidikan agama saja melainkan juga mendukung perkembangan santri dalam berbagai aspek termasuk olahraga dan seni, ucap H.Pauzan.

Dirinya berpesan kepada para santri yang mengikuti ajang ini untuk selalu menjaga sportivitas serta etika dalam setiap pertandingan. “Jadilah contoh yang baik dalam berkompetisi dan tunjukkan semangat kebersamaan yang kita junjung tinggi,” katanya.

Ia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai agenda rutin pemerintah daerah dan ke depan bisa diikuti seluruh pondok pesantren di Kabupaten Padang Lawas.

“Kalau melihat pondok pesantren kita sangat banyak apabila diikuti semua lebih bagus lagi, jadi lebih banyak para santri yang berprestasi,” ucapnya.

Sementara Kakankemenag H.Abdul Manan MA mengatakan keikhlasan BPC HIPMI Padang Lawas sebagai donatur tunggal sebagai organisasi yang aktif dan ikut serta mensukseskan porseni HSN 2023 berdasarkan kesepakatan bersama seluruh pemangku kebijakan terkait.

“Hasil diskusi Pemerintah Daerah, Kementerian Agama, BSPPL dan BPC HIPMI disepakati Porseni 2023 diselenggarakan dengan pertimbangan fasilitas olahraga yang memadai dan didanai langsung donatur tunggal BPC HIPMI yang diketuai Putra Mahkota Alam Hasibuan, SE” kata Manan. (ASWIN)

%d blogger menyukai ini: