Bupati Natuna Buka Festival Desa Budaya Di Sepempang

NATUNA, KLIKINFOKOTA.CO.ID – Wisata memang sangat menarik untuk kita bahas, karena sebuah destinasi wisata akan terbentuk dengan baik apabila seluruh pemangku kepentingan bisa bekerja sama dalam memajukan sebuah wisata yang ada di Daerah Natuna, saya juga berharap agar kita harus saling bahu membahu untuk mewujudkan hal tersebut.

Hal ini disampaikan  Bupati Natuna Wan Siswandi, S.Sos. M.Si, pada acara festival Desa Budaya Desa Sepempang, di Pantai Air Danau Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, Sabtu pagi 13/11/202.

Untuk kedepannya Pemkab Natuna berencana akan menyelenggarakan penampilan seni budaya yang ada di Natuna setiap malam sabtu dan minggu bertempat di Pantai Piwang, hal tersebut bertujuan untuk memberikan hiburan dan kesan pada setiap orang yang datang dari luar Natuna, selain untuk urusan kerja tetapi juga mengisi waktu libur bisa menikmati kesenian Natuna, tambah Siswandi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, melalui sumberdaya Desa, mempersembahkan pagelaran Festival Desa Budaya dengan tema “Nong Budaya Itow”.

Kegiatan Festival Desa Budaya akan dilaksanakan di tiga Desa yaitu Desa Sepempang, Desa Serantas dan Desa Limau Manis.

Dalam kesempatan yang sama Kades Sepempang Muhammad Delan mengatakan” saya berharap semoga pihak Kelurahan dan Kecamatan mendukung kegiatan festival budaya ini, agar bisa mengangkat budaya-budaya yang ada di wilayah Bunguran Timur, semoga diminati generasi penerus untuk melestarikan budaya ini terutama para generasi muda”.

Festival Desa Budaya di Desa Sepempang akan memperlombakan beberapa perlombaan yaitu lomba ngejek, gendang panjang, tendin gasing, bercerita, kuliner, serta pameran seni dan bazar, kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 13-15 November 2021 di Desa Sepempang.

Ketua Panitia Arif Nain mengatakan“ kegiatan festival Desa budaya merupakan suatu kegiatan di bawah naungan Kemendikbud RI melalui program Daya Desa yang bertujuan untuk mengangkat kembali sejarah dan kebudayaan di suatu Daerah, agar terangkat serta di ketahui oleh masyarakat luar Natuna”.

Kegiatan pembukaan festival Desa budaya di Desa Sepempang dihadiri oleh Plt. Sekda Natuna Boy Wijanarko, Kabid Kebudayaan Hadisun, Plt. Camat Bunguran Timur Hamid Asnan, Pendamping Desa Budaya Kemendikbud RI Nurizam, Ketua Kompasbenua Ryannaldo, Ketua Natuna Sastra Destriyadi, para peserta lomba, serta undangan lainnya.(birontn)

%d blogger menyukai ini: