Ketua PKK Kepri Kunjungi Kebun PKK di Bintan

KEPRI, KLIKINFOKOTA.CO.ID – Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Hj. Dewi Kumalasari menyampaikan bahwa tanaman pangan seperti jagung sangat baik buat kesehatan. Selain itu, jagung juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

“Dengan panen di Kebun PKK di Tembeling ini mudah-mudahan ibu-ibu PKK tentunya lebih rajin lagi, lebih semangat lagi dan menjadikan jagung makanan utama di rumah tangga,” ungkap Dewi Ansar saat meninjau Kebun PKK di Balai Perbenihan, Pengawasan serta Sertifikasi dan Perlindungan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan di Tembeling, Bintan, Rabu (24/3) petang.

Dewi Ansar yang didampingi sejumlah pengurus TP PKK Provinsi berkesempatan memanen tanaman jagung sebanyak 1.500 batang. Dalam kesempatan itu juga menanam perdana tanaman alpukat mentega yang bibitnya bersertifikat berasal dari Solok.

Selain memanen dan melakukan tanam perdana, Dewi Ansar juga bercengkarama bersama para pekerja Balai Benih Induk. Motivasi untuk ke depan juga diberikan.

Selain itu, Ketua TP PKK Provinsi bersama pengurus mendengarkan penjelasan dari staf Balai Benih Induk untuk tata cara memanen jagung yang benar.

“Sebelum ibu-ibu mau panen, lebih baik kita dengarkan dulu caranya memanen dari Pak Joko mana yang boleh dipetik mana yang belum siap dipanen,” imbuh Dewi Ansar.

Sementara itu, Kepala Balai Benih Induk (BBI) Nil Erison mengatakan Perkebunan PKK ini disiapkan lahannya seluas 1 hektar, dimana UPT nya membidangi 3 sektor ada Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan.

“Perbenihan yang sudah siap itu adalah Hortikultura seperti buah-buahan, sistem pohon induknya kita tanam 4 tahun yang lalu nanti potensi interestnya tinggal disambung seperti durian, alpukat dan mangga makin lama semakin banyak potensinya,” kata Nil.

Lebih lanjut, Nil Erison menjelaskan tahap pengelolaannya di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi yang akan disebarkan di kawasan-kawasan yang ditetapkan di Bintan, Karimun dan Lingga.

“Tapi ditahap awal ini, akan kita fokuskan dulu untuk di Bintan, baru selanjutnya Lingga dan Karimun,” terangnya. (Hms)

%d blogger menyukai ini: