5699 Peserta Ikuti Lomba Ketangkasan Penggalang Kwarcab Padang Lawas 2023

PADANG LAWAS, KLIKINFOKOTA.CO.ID – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Padang Lawas melaksanakan  Lomba Ketangkasan Penggalang (LKP) Tahun 2023, diikuti sebanyak 5.070 anggota pramuka penggalang dari berbagai gugus depan ditambah Pembina Pendamping 629 orang, bertempat di Bumi Perkemahan Tor Sipiramanuk Surodingin, Kecamatan Lubuk Barumun, Kamis (9/11).

Peserta yang mengikuti LKP tersebut merupakan anggota pramuka penggalang tingkat SD se-Kwarcab Pramuka Padang Lawas dengan Peserta putra sebanyak 2.574 dan putri 2.355 peserta, serta Pembina Pendamping Putra 294, putri sebanyak 355 orang, jumlah keseluruhan menjadi 5.699 orang, berlangsung selama 4 hari mulai 09 sampai 12 November 2023.

Plt Bupati Padang Lawas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM, MSi, MH (AZP) diwakili Sekda Srpan Nasution S.Sos mengatakan, di era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Akan tetapi juga banyak permasalahan bangsa yang kita hadapi, sebagai benteng dari seluruh permasalahan bangsa ialah dengan menggiatkan kaum muda dengan kegiatan kepramukaan,” terangnya. Ia menjelaskan, dengan mengikuti kegiatan LKP ini, akan membentuk kaum muda yang berkarakter dan handal serta sanggup menghadapi tantangan globalisasi.

Untuk itu, lanjut Arpan, setiap anggota pramuka dididik untuk mempunyai karakter, sikap mental dan kecakapan hidup atau ketrampilan untuk menghadapi masalah – masalah yang ada, bahkan untuk masa yang akan datang.

Arpan menambahkan, dari kegiatan ini tentu banyak hikmah yang dapat dipetik anggota pramuka, terutama kegiatan perkemahan, diantaranya menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat gotong royong dengan etika serta moral yang baik, yang paling utama adalah hindari Narkoba, Kenakalan Remaja dan lainnya.

Terpisah, Ketua Panitia Kegiatan LKP, Hadi Wahyu Mukti Tama S.Pd mengatakan, kegiatan dilaksanakan dengan tujuan sebagai evaluasi dari hasil latihan di masing-masing Gugus Depan.

“Melalui kegiataan ini membangun ajang silaturahmi antara Kwarcab Gerakan Pramuka Padang Lawas dengan Pembina dan anggota pramuka penggalang,” jelas Wahyu.

Adapun jenis dan bentuk perlombaan yang dilaksanakan, diantaranya lomba tata upacara, lomba cerdas tangkas pramuka (LCTP), lomba smaphore, lomba pionering, lomba morse dab lomba memasak sayur dengan bahan labu cina (depang), lomba hapalan surat pendek juz 30 serta lomba azan,” tegas Wahyu.

Turut hadir Ketua Kwarcab Palas, Zainuddin Hasibuan S.Pd.MM, Para pimpinan OPD, Para Camat, Pengurus Kwarcab Pramuka Padang Lawase, Pembina Gudep, Pengurus Kwarran serta undangan lainnya. (ASWIN)

%d blogger menyukai ini: